Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Guru di 33 Propinsi tahun 2008

Berdasarkan UU Nomor 14/2005 tentang Guru dan Dosen telah diputuskan bahwa “setiap Guru harus dapat memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan pengembangan yang mendidik”.

Namun pada kenyataannya masih banyak guru-guru khususnya yang berada di marjin perkotaan dan pedesaan belum menguasai apalagi memanfaatkan TIK secara utuh di dalam proses belajar mengajar. Sejumlah kendala infrastruktur jaringan listrik dan telekomunikasi merintangi akses guru ke TIK.

Disisi lain sejumlah persepsi perlu diluruskan, bahwa TIK tidaklah semata-mata Komputer dan Internet-nya, tetap juga media informasi seperti radio dan televisi serta media komunikasi seperti telepon maupun telepon seluler dengan SMS, MMS, Music Player, Video Player, Kamera Foto Digital, dan Kamera Video Digital-nya serta e-Book Reader-nya.

Jumlah guru di Indonesia saat ini mencapai 2.783.321 orang. Untuk melatih begitu banyaknya guru, perlu dilakukan sebuah terobosan baru dalam program Pelatihan berbasis TIK yang terintegrasi, memberikan kompetensi yang praktis, dan mampu menjangkau sasaran yang banyak, serta memberikan dampak yang berskala luas dan berterima di seluruh lapisan struktur Pendidikan Nasional.

Pelatihan Pemanfaatan TIK kali ini berbeda dengan Pelatihan-Pelatihan yang selama ini diselenggarakan oleh Pustekkom, dimana pendekatan layanan utuh TIK dikerahkan dan dikonsentrasikan untuk mensukseskan penyelenggaraan diklat multi jenjang dan multi fasilitas seluruh jenjang program Pelatihan yang akan memakan waktu kurang lebih 8 (delapan) bulan ini akan diselenggarakan dengan model mastery training yang berjenjang mulai dari Pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota hingga berakhir di Kecamatan. Sedangkan fasilitas yang akan mendukung program ini  adalah pustekkom.go.id, portal e-dukasi.net, Televisi Edukasi, dan Radio Edukasi yang dikelola oleh Pustekkom.

Mengingat jangkauan dan skala kegiatannya yang sangat luas, maka Pustekkom memandang penting untuk menyertakan unit-unit utama di Ditjen. PMPTK dan Ditjen. Mandikdasmen serta industri hardware dan software TIK multinasional untuk bermitra dan berkolaborasi secara strategis dan sinergis di dalam program Pelatihan Pemanfaatan TIK.

Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk Menyiapkan guru yang dapat memanfaatkan TIK dalam proses belajar-mengajar dan mengembangkan bahan ajar interaktif serta atraktif berbasis media informasi dan komunikasi (Internet, Radio, Televisi, Telepon, SMS).

Sasaran Pelatihan Pemanfaatan TIK 2008 ini adalah 123 Senior Trainer dari seluruh Indonesia. Calon Senior Trainer diseleksi oleh Pustekkom berdasarkan data trainer nasional Pustekkom, Ditjen PMPTK, PT Intel Indonesia (intel teach) dan PT Microsoft Indonesia (Peer Coaching). Senior trainer terdiri atas:

· 10 Widyaiswara P4TK

· 30 Widyaiswara LPMP

· 83 Guru SMA/SMK/MA

Setiap Senior Trainer harus melatih Master Trainer. Master trainer adalah 2 guru SMP/MTs di tingkat kab/Kota dan 2 guru SD/MI di tingkat kecamatan. Sehingga jika ditotal jumlah guru yang akan terlatih sebagai master trainer adalah 11,138 guru, dengan rincian sbb :

a. 2 guru SMP/MTs x 457 Kab/Kota: 914 Master Trainer SMP/MTs

b. 2 guru SD/MI x 5.112 Kecamatan: 10.224 Master Trainer SD/MI

Materi Pelatihan diadaptasi dari program Intel Teach yang telah disepakati oleh Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia dan Intel Indonesia dalam sebuah Nota Kesepahaman (MoU) antara Menteri Pendidikan Nasional dan Country Manager PT Intel Indonesia.

Untuk pertanyaan dan info lebih lanjut dapat menghubungi email pelatihan@pustekkom.go.id

(HN/Pstkm)

Diambil dari http://www.e-dukasi.net

7 Responses to “Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk Guru di 33 Propinsi tahun 2008”

  1. Purnama.d,S.Kom Says:

    tolong saya didaftarkan sebagai peserta dalam pelatihan pustekkom ini. Saya mengajar TIK di SMPN 2 Kota Jambi

  2. Mas'ud,ST Says:

    tolong saya didaftarkan sebagai calon peserta dalam pelatihan pustekkom ini. Saya guru TIK di SMPN 2 Marawola Kabupaten Donggala Propinsi Sulawesi Tengah

  3. rachman Says:

    Bgmn cara mendaftarkan diri menjadi peserta dalam pelatihan pustekkom y..?

  4. rachman Says:

    Maksudnya saya juga daftarkan menjaadi calon peserta pelatihan pustekkom itu , saya dari SMA N 1 Ampana Kota, Tojo Una-una Sulteng…. thanks….

  5. Antoni Brampu Says:

    dimana kami melihat daftar peserta yang lulus pada Pelatihan Master Of Trainer Tik yang dilakukan dikabupaten Tapak Tuan pada Agustus Kemaren ?

    Trima kasih

  6. ivan suseno,s.kom Says:

    bagaimana cara jadi trainer TIK

  7. marlina Skom Says:

    ikut gabung


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: