PLPG (Pendidikan Pelatihan Profesi Guru)

Tentu kita masih ingat dengan SERTIFIKASI, dalam proses ini tentu ada yang lolos dan ada yang tidak. Untuk guru yang tidak lolos uji sertifikasi wajib mengikuti PLPG (Pendidikan Pelatihan Profesi Guru) yang tujuannya meningkatkan kemampuan para guru yang tidak lolos sertifikasi, yang pada akhirnya memenuhi uji sertifikasi.

Hal ini merupakan suatu peluang bagi mereka (maksudnya oknum) untuk asal ikut sertifikasi, karena tanpa tanpa harus memenuhi persyaratan yang ditentukan akhirnya tetap lolos uji sertifikasi asal mengikuti apa yang dinamakan PLPG. Tragis memang, mempunyai satu kebijakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan program sertifikasi tetapi dalam program itu sendiri sudah dibuat celah untuk mempermudah yang mana tidak mendukung arah tujuan program itu sendiri.

LPG memang diperlukan, tetapi itu bukan untuk tambahan nilai yang pada akhirnya meloloskan mereka. Menurut saya, PLPG ini hanya merupakan suatu sarana menambah pengetahuan mereka tentang keprofesionalan seorang guru dan membentuk pola pikir bagi mereka agar dalam tahun-tahun mendatang menjadi lebih profesional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: