DAUR ULANG SAMPAH

Kepedulian akan lingkungan sangatlah dibutuhkan, jangan hanya menunggu pemerintah kalau kita sendiri bisa melakukannya. Sebagai salah satu upaya adalah mengurangi sampah, walaupun sederhana mempunyai peranan yang cukup penting dalam menyelamatkan lingkungan.

sebagai salah satu langkah dalam penanganan sampah dapat melibatkan masyarakat di tempat kita tinggal. Semisal dalam satu RW ada himbauan pengumpulan sampah dengan pemilahan tentu akan lebih meningkatkan pendapatan pemuda / karang taruna (jika dikelola oleh karang taruna). Setiap rumah tangga harus memilahkan sampah organik dan anorganik yang nantinya semua sampah dapat kita daur ulang maupun kita jual secara langsung.

Sampah anorganik seperti plastik, kaca, kertas dan kaleng dapat kita buat untuk kerajinan tangan, atau kalau tidak sempat membuatnya dapat dijual secara langsung. Sedangkan sampah organik dapat kita manfaatkan untuk bahan pembuatan pupuk dari sampah kota dan pembuatan briket arang.

About these ads

2 Responses to “DAUR ULANG SAMPAH”

  1. dhani 395 Says:

    daur ulang sampah emang perlu dilakukan.apalagi sblm di daur ulang sampah dipilah2 dulu.mana yg dpt di daur ulang mana yg enggak.stl jd IRT, jd ngalami sendiri kalo sampah RT tuh byk bgt.makanya perlu peran ibu2 utk memilah&mdaur ulang sampahnya.tapi kayaknya informasi&sosialisasi ttg memilah2 sampah&mendaur ulangnya masih sangat minim.terutama kesadaran.membuang sampah pada tempatnya aja kesadarannya masih kurang pa lagi memilah&mdaur ulang.kdg sebel jg kalo liat org buang sampah sembarangan.”capek dehhh”.tp kalo ga di mulai dr sendiri kpn lg kita bergerak membuat perubahan?ya to?

  2. Marozib Says:

    daur ulang sampah bisa membuat indonesia lebih kreatif dan mandiri serta mencegah terjadinya pemanasan global karena sampah kalau dibakar akan menimbulkan efek negatif seperti
    kebakaran, pemanasan global dan pencemaran lingkungan


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: